Friday, October 26, 2018

Tari EDAN EDANAN Lucu / Upacara Pengantin Adat Jawa / Javanese CLOWN Dance [HD]

Edan Edanan adalah salah satu budaya yang ada pada masyarakat jawa, khususnya yogyakarta dan surakarta. Edan Edanan ini adalah orang yang waras (tidak gila) yang kemudian berpakaian seperti orang gila (edan) dan juga bertingkah seperti orang gila (edan).


Pada masyarakat jawa (jogja/solo) tradisi Edan Edanan ini menggambarkan mahkluk halus yang ada disekitar kita, ditandai dengan wajahnya yang tidak sempurna, seperti badut, mulutnya mencong, alisnya menceng, dan lain-lain.

Dalam budaya jawa, tradisi edan edanan ini difungsikan sebagai tolak bala, agar supaya acara yang tengah berlangsung bisa terhindar dari segala hal-hal buruk yang akan mengganggu. Mengapa kok bisa dibilang tolak bala? Karena dalam kehidupan ini kita hidup berdampingan dengan mahkluk ciptaan Tuhan yang berwujud mahkluk halus. Salah satu cara menghormati mereka adalah dengan mengundang mereka dalam acara kita, dengan diwujudkan dengan tradisi Edan Edanan ini.


jogja entertainment jasa hiburan tari tradisional di Yogyakarta, jasa hiburan jogja, jasa hiburan yogyakarta, jasa tari tradisional, jasa tari tradisional jogja, jasa tari tradisional yogyakarta, jasa hiburan jawa tengah, jasa tari tradisional jawa tengah, jasa hiburan klaten, jasa hiburan purworejo, jasa hiburan solo,


Video diatas merupakan dokumentas dari Tari Edan Edanan pada perhelatan acara resepsi pernikahan jawa di yogyakarta.

sriwisnu jogja entertainment,

No comments:

Post a Comment