Friday, October 19, 2018

Learning Belajar GAMELAN BONANG / Javanese Gamelan Music Jawa

Gamelan merupakan salah satu budaya bangsa indonesia. Terdapat banyak jenis gamelan di indonesia di tiap daerah. Dari berbagai macam jenis gamelan itu, gamelan jawa adalah yang paling populer baik ditingkat nasional maupun di internasional.


Gamelan jawa sendiri terbagi menjadi 2 laras, yaitu laras pelog dan laras slendro. Kemudian instrument gamelan jawa sendiri terdiri dari kendhang, kempul, gong, demung, saron, peking, bonang, kenong, gambang, suling, gender, rebab, siter, kecer.

Tiap alat musik gamelan itu cara memainkannya berbeda-beda caranya. Tetapi ketika dibunyikan bersama-sama, bisa menghasilkan sebuah komposisi musik yang harmoni. Contohnya adalah pada gamelan bonang. Bonang sendri terdiri dari bonang barung, bonang penerus, dan bonang penembung. Alat musik bonang ini cara memainkannya berbeda tetapi bisa saling mengisii kekosongan yang ada sehingga bisa terdengar indah.

jogja entertainment jasa hiburan tari tradisional di Yogyakarta, jasa hiburan jogja, jasa hiburan yogyakarta, jasa tari tradisional, jasa tari tradisional jogja, jasa tari tradisional yogyakarta, jasa hiburan jawa tengah, jasa tari tradisional jawa tengah, jasa hiburan klaten, jasa hiburan purworejo, jasa hiburan solo,


Video diatas merupakan dokumentasi dari pola permainan alat musik gamelan bonang pada pementasa wayang kancil di joglo Balai Budaya Minomartani Sleman Yogyakarta.

sriwisnu jogja enterainment,

No comments:

Post a Comment