Saturday, October 6, 2018

HARIMAU & KERBAU / Tiger and Buffalo / Dongeng Wayang Kancil MOUSEDEER Puppet Show / Balai Budaya Minomartani

Wayang Kancil adalah jenis wayang kulit yang ada di pulau jawa, khususnya di Yogyakarta dan Jawa Tengah. Tokoh pada wayang kancil ini adalah binatang yang ada di hutan. Cerita yang dipentaskan juga meliputi cerita-cerita yang berhubungan dengan dunia binatang.



Kerbau kelaparan karena tidak bisa menemukan makanan selama berhari-hari. Harimau mau membantu kerbau. Kemudian harimau mencarikan makanan dan diberikan kepada kerbau. Setiap hari harimau selalu membawakan makanan untuk kerbau. Dan akhirnya kerbau sudah sehat dan terlihat gemuk.

Harimau meminta balas budi dari kerbau. Karena saat ini harimau sedang kelaparan, harimau hendak meminta daging punuk kerbau. Kerbau tidak mau karena itu berarti kematian bagi kerbau. Akhirnya terjadi pertempuran antara harimau dan kerbau. Kerbau kalah dan melarikan diri mencari bantuan.


jogja entertainment jasa hiburan tari tradisional di yogyakarta


Video diatas diambil pada pementasan wayang kancil oleh Ki Ananto Wicaksono pada acara peringatan 1 Tahun meninggalnya Ki Ledjar Subroto di Joglo Balai Budaya Minomartani Sleman Yogyakarta.

sriwisnu 

No comments:

Post a Comment