Sunday, October 28, 2018

ILIR ILIR Pelog Slendro / Javanese GAMELAN Music Jawa Campursari

Gamelan merupakan salah satu karya putra bangsa indonesia. Gamelan ini merupakan kumpulan dari alat musik tradisional. Ada gamelan sunda, gamelan kalimantan, gamelan bali, gamelan sulawesi, gamelan jawa, dan lain-lain.


Pada masa penyebaran agama islam di pulau jawa, salah satu faktor keberhasilannya dikarenakan penyebaran agama islam melalui budaya. Sehingga masyarakat luas pada saat itu bisa menerimanya dengan mudah. salah satu penyebaran agama islam tersebut menggunakan gamelan. Para sunan pada saat itu sering kali menggubah lagu-lagu yang berisi dakwah dan dilantunkan bersama dengan alat musik gamelan. Salah satu tembang tersebut adalah ILIR ILIR yang diciptakan oleh Sunan Kalijaga.

jogja entertainment jasa hiburan tari tradisional di Yogyakarta, jasa hiburan jogja, jasa hiburan yogyakarta, jasa tari tradisional, jasa tari tradisional jogja, jasa tari tradisional yogyakarta, jasa hiburan jawa tengah, jasa tari tradisional jawa tengah, jasa hiburan klaten, jasa hiburan purworejo, jasa hiburan solo,

Video diatas merupakan dokumentasi dari pertunjukkan gamelan jawa dengan Tembang Ilir Ilir, dipentaskan pada perhelatan resepsi pernikahan adat jawa di yogyakarta.

sriwisnu jogja entertainment,

No comments:

Post a Comment