Monday, October 8, 2018

GORO GORO / Dongeng Wayang Kulit Kancil MOUSEDEER Puppet Show / Balai Budaya Minomartani

Wayang merupakan salah satu budaya bangsa indonesia. Budaya wayang tersebar di seantero nusantara. Bahkan di tiap daerah di Indonesia mempunyai wayang dengan dengan berbagai macam bentuk, cerita, dan fungsinya di dalam masyarakat.


Wayang-wayang tersebut ada yang terbuat dari berbagai macam material seperti terbuat dari kayu, kulit, kertas, rotan, bambu, rumput, dan lain-lain. Di pulau jawa khususnya di yogyakarta dan jawa tengah terdapat sebuah jenis wayang yang disebut Wayang Kancil. Wayang ini terbuat dari kulit binatang, serta tokoh dan ceritanya terinspirasi dari binatang di hutan. Wayang Kancil ini merupakan salah satu bentuk edukasi kepada masyarakat melalui cerita binatang yang disuguhkan pada sebuah pementasan.


jogja entertainment jasa hiburan tari tradisional di Yogyakarta, jasa hiburan jogja, jasa hiburan yogyakarta, jasa tari tradisional, jasa tari tradisional jogja, jasa tari tradisional yogyakarta, jasa hiburan jawa tengah, jasa tari tradisional jawa tengah, jasa hiburan klaten, jasa hiburan purworejo, jasa hiburan solo,


Video diatas merupakan dokumentasi pertunjukkan Wayang Kancil oleh Ki Ananto Wicaksono di Joglo Balai Budaya Minomartani Sleman Yogyakarta.

sriwisnu jogja entertainment,

No comments:

Post a Comment