Wednesday, June 13, 2018

VEDAVATI / WIDOWATI - Many Ramayanas - 300 Versi CERITA Sendratari RAMAYANA Prambanan

Cerita Ramayana yang sangat terkenal di dunia, ternyata ketika diteliti lebih lanjut terdapat sekitar 300 versi cerita ramayana. Dikarenakan Cerita Ramayana berkembang disesuaikan dengan budaya masyarakat lokal.

Ada sebuah pertanyaan mengapa Rahwana Raja Alengka menculik Dewi Shinta, yang akhirnya menjadi kehancuran dari Rahwana dan Kerajaan Alengkadiraja.


Dari beberapa versi cerita Ramayana, disebutkan Rahwana jatuh cinta dan ingin memperistri dari Vedavati (india) atau Dewi Widowati (jawa). Antara versi India dan versi jawa sendiri ada perbedaan. 

Di versi India, Rahwana mengganggu pertapaan dari Vedavati. Rahwana ingin memperistri Vedavati. Karena marah akhirnya Vedavati mengutuk Rahwana, bahwa suatu hari akan ada wanita reinkarnasi dari Vedawati yang akan mengakibatkan Rahwana dan Kerajaan Alengkadiraja hancur.

Sedang di versi jawa, suatu hari Rahwana melihat Dewi Widowati. Rahwana jatuh cinta kepada Dewi Widowati, kemudian Rahwana berusaha mengejar Dewi Widowati. Ketika Dewi Widowati memasuki gerbang Kahyangan, Rahwana mengikutinya dan tangan kirinya terjepit gerbang kahyangan yang bisa menutup sendiri. Akhirnya Rahwan bersumpah bahwa sampai kapanpun dia akan mencari Dewi Widowati sampai kapanpun.

No comments:

Post a Comment